Saturday, March 24, 2018

Budaya Kerja PT. Samsung Electronics Indonesia

Visi dan Misi Perusahaan:

Visi :

Visi dari samsung adalah memimpin pergerakan konvergensi digital. Kami meyakini bahwa melalui inovasi teknologi saat ini, kami akan menemukan solusi yang kami perlukan untuk menghadapi tantangan hari esok. Teknologi membuka kesempatan bagi bisnis untuk tumbuh, bagi warga negara di pasar yang sedang berkembang untuk hidup sejahtera dengan memasuki tahap ekonomi digital dan agar masyarakat dapat menemukan peluang baru

Misi :

Misi dari samsung adalah menjadi “Digital eCompany” yang terbaik. Samsung tumbuh menjadi perusahaan global dengan menghadapi tantangan secara langsung. Dalam tahun-tahun kedepan, orang-orang kami yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangan dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang memimpin pasar. Kecerdasan mereka akan terus menjadikan Samsung sebagai perusahaan global yang menguntungkan dan bertanggung jawab.

Budaya Kerja Perusahaan:

1. SHARE VALUE
Selama berdirinya, perusahaan Samsung memegang semboyan yang membuat Samsung selalu mendapat hati konsumenya,”Bersama konsumen, menghadapi tantangan dunia, dan menciptakan masa depan”. Semboyan ini menjadikan karyawan Samsung selalu tertantang untuk menciptakan produk yang dicintai oleh konsumen. Selian itu, Samsung selalu menekankan akan etika dan tata krama sebagai budaya perusahaan. Karyawan Samsung mempunyai semangat untuk membawa perubahan pada lingkungan, dimulai dari diri sendiri. Samsung mengapresiasi bagi mereka yang punya kontribusi pada masyarakat.
Samsung selalu menjaga simbiosis antara Samsung dengan konsumen dalam menciptakan sebuah produk. Samsung berani mencoba tantangan dan gigih menciptakan budaya perusahaan yang berorientasi masa depan. Karyawan Samsung berani mengembangkan ide-ide mereka dan mengasah kemampuannya. Selain itu Samsung menekankan kuat pada inovasi teknologi.
2. LEADERSHIP
Dibawa kepemimpinan Presiden Direktur Lee Kun-Hee, Samsung melesat menjadi perusahaan kelas dunia. Faktor yang membuat kesuksesan Samsung salah satunya adalah model kepemimpinan dari sang presiden. Lee Kun-Hee dikenal sebagai pemimpin yang menjalankan budaya perusahaan dengan gaya kepemimpinan yang inovatif.
3. STAFFS
Samsung memegang prinsip untuk menghargai segala pemikiran manusia. Oleh karena itu, Samsung selalu terpacu untuk meningkatkan kualitas para karyawannya. Salah satu caranya adalah menciptakan atmosfer kerja yang kondusif, agar karyawan merasa betah bekerja di Samsung. Menciptakan kondisi yang kondusif akan menguatkan loyalitas karyawan, sehingga Samsung mampu menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan.
Selain menciptakan lingkungan kerja yang “nol sengketa”, Samsung juga memperhatikan karyawan yang memiliki kemampuan yang luar biasa. Keberhasilan perusahaan adalah ketika karyawan merasa bangga bekerja dan menuangkan kemampuan terbaiknya untuk perusahaan.
4. STRUCTURE
Dalam perjalanannya, Samsung berhasil melakukan perubahan dalam stuktur perusahaan secara mendasar. Perubahan stuktur baru ini didasarkan oleh perubahan orang yang berada dalam organisasi Samsung. Ada ungkapan yang menjadi budaya perusahaan Samsung, “Dari atas, dari aku, dari hal-hal kecil, menuju ke satu arah, dan dengan benar”.
Untuk mengambangkan manajemen perusahaan baru, Samsung menekankan manajemen yang berorientasi pada kualitas, informasi, infrastruktur yang kompleks. Masalah kualitas, merupakan hal yang paling fital dalam manajemen Samsung, bisa dikatakan sebagai nilai paling inti.
5. STRATEGY
Ambisi Samsung menajdi perusahaan nomer satu global, dibuktikan dengan penerapan strategi yang berorientasi masa depan. Untuk mencapai itu, samsung memprediksi arus pasar dunia, hal itu memudahkan Samsung untuk memasarkan produk ke pasar dunia.
Samsung mengambil langkah berani, yaitu dengan memperluas cabang perusahaan diluar negri seperti Amerika, China, Rusia, Blok Timur serta Afrika. Terbentuknya lingkungan perusahaan diluar negri merupakan strategi membentuk budaya Samsung diseluruh dunia.
6. SKILL
Skill merupakan bagian penting yang dimiliki manusia, apalagi ketika berkarya pada perusahaan seperti Samsung. Hal itu juga yang dilakukan Samsung untuk mengasah kualitas skill karyawannya. Samsung membangun pendidikan untuk mengasah skill para karyawannya. Samsung melakukan investasi untuk pengembangan dan penelitian di luar negri. Selain itu Samsung juga merekrut para peneliti untuk mengembangkan penelitiannya.
7. SYSTEM
Persaingan pasar global menuntun semua perusahaan memiliki sistem yang mampu bertahan dalam persaingan global. Melihat persaingan global yang begitu ketat, Samsung mengembangkan Infrainformasi. Yang dimaksud Infrainformasi adalah informasi penting yang berkaitan dengan produksi, pengemasan, pemindahan, dan penggunaan. Infrainforamsi diterapkan menggunakan komputerisasi. Langkah Samsung membangun infrainformasi tujuannya agar dapat menyebarkan strategi informasi perusahaan, dan secara langsung dapat menawarkan efesiensi dan kenyamanan pengaturan manajemen para pegawai dan pelamar.
Aktualisasi Visi dan Misi Perusahaan
Aktualisasi yang telah di lakukan perusahaan sesuai visi misinya yaitu,
1. Samsung selalu merilis produk baru tiap tahun yang berbeda dan inovatif sesuai dengan visi misi perusahaan yaitu mengembangkan suatu produk dan layanan
2. Samsung berhasil menjadi memimpin pergerakan konvergensi digital 
3. Produk Samsung yang banyak di kenal dan pakai orang di dunia membuat samsung berhasil memimpin pasar dengan produk mereka
4. Samsung juga mempunyai banyak cabang di dunia membuat samsung berhasil tumbuh menjadi perusahaan global.






No comments:

Post a Comment

Postingan Lain

Prosedur dan Syarat Pembuatan 7 Dokumen Legalitas Perusahaan

Kelompok 1 Budiman Rasyid - 51417266 Deotama Taqy - 51417539 Ekky Mahesa - 51417898 Farid Rizqi - 52417206 Rizky Endang - 55417335 Akta Pend...