1. Digital
Ciri khas atau karakteristik dari media
baru yang pertama kali adalah digital. Maksudnya, semua data dan konten
yang ada di dalam media baru sebenarnya merupakan data-data yang
bersifat digital dan bukan fisik seperti layaknya media massa yang
berupa koran, ataupun yang lainnya. Konten digital pada dasarnya adalah
data komputer, atau data elektronik yang berupa angka-angka yang dapat
diterjemahkan oleh komputer atau perangkat keras yang dapat mengubah
data tersebut dapat dipahami oleh pengguna komputer.
2. Interaktivitas
Karakteristik kedua dari media baru
adalah interaktif atau interaktivitas. Maksudnya, pada media baru
memungkinkan semua orang, termasuk pembaca yang awam sekalipun dapat
terlibat langsung dalam proses diskusi atau saling mengomentari sebuah
berita atau sebuah komentar dari seseorang tertentu di dalam suatu
berita tersebut. Tidak peduli apakah Anda orang ahli atau bukan, tidak
peduli apa profesi Anda, dan tidak peduli apakah Anda sudah dewasa atau
belum, ruang untuk terlibat dalam diskusi sangat luas karena terdapat
fitur semacam komentar yang menyediakan akses untuk berinteraksi dengan
media ataupun dengan orang lain.
3. Hipertekstual
Karakter berikutnya adalah
hipertekstual. Maksudnya, pada media baru terdapat hiperteks-hiperteks
yang memungkinkan pengguna untuk mengakses konten yang lain dengan cepat
melalui mengklik teks tersebut dengan menggunakan perangkat mouse ataupun
dengan disentuh langsung pada gawai telepon genggam pintar. Adanya
hiperteks membuat orang dapat dengan mudah berpindah konten, melakukan
pencarian konten, dan lain sebagainya. Pada semua media baru, hiperteks
pasti terdapat pada hampir setiap halaman yang dimiliki oleh media baru.
4. Virtual
Media baru merupakan media virtual.
Maksudnya, objek ataupun benda-benda yang kita klik, kita lihat dan
seterusnya di media baru tidak memiliki objek fisik sebagaimana media
massa yang lain seperti misalnya majalah, dan lain sebagainya. Identitas
kita pun bisa dengan mudah kita buat dengan asal, ketika kita ingin
berkomentar pada media tersebut. Dengan virtualisasi, kita dapat
terhubung dan mengakses segalanya dengan mudah di dunia media baru.
5. Simulasi
ads
Simulasi merupakan sebuah representasi dari suatu peristiwa atau
suatu kejadian, objek, atau hal lain yang dapat menambah pemahaman
terhadap hal tersebut tanpa harus memasuki atau mengalami kejadian atau
benda asli secara langsung. Dengan adanya virtualisasi dan teknologi
digital, media baru dapat menghadirkan sebuah simulasi terhadap suatu
objek atau suatu peristiwa tertentu. Infografis, video reka ulang yang
dibuat dengan teknologi CGI misalnya adalah wujud dari simulasi media
baru.
6. Terhubung
Ciri khas berikutnya adalah terhubung,
yang berarti baik konten ataupun pengguna di media baru dapat saling
terhubung dengan media lain yang ada di internet. Misalnya, akun email
yang terkoneksi dengan fitur media lain, atau akun sosial media yang
dapat digunakan untuk berlangganan di salah satu media massa online, dan
lain sebagainya. Dengan demikian pengguna dapat menggunakan satu akun
email untuk terhubung ke berbagai jenis media dan melakukan aktivitas
komentar, membaca, berlangganan, dan lain sebagainya.
7. Individualitas
Karakteristik berikutnya dari media baru
adalah adanya individualitas, yang berarti hampir semua orang bertindak
atas kemauannya sendiri. Tidak ada yang memaksa kita untuk berlangganan
koran misalnya, dan tidak ada pula yang memaksa kita untuk tidak
berkomentar. Selain itu, individualitas juga menunjukkan adanya
kecenderungan pengguna media baru untuk menunjukkan pada dunia luas
mengenai dirinya, tentang jati dirinya, tentang diri mereka, seolah-olah
mereka adalah seorang selebriti.
8. Kebebasan berekspresi
Kebebasan berekspresi dimiliki oleh
semua orang yang terlibat dalam media baru, akan tetapi tetap ada
batasnya. Misalnya dalam kolom komentar, Anda boleh tidak setuju atau
setuju pada isi berita, menyampaikannya, dan lain sebagainya. Akan
tetapi apabila isi komentar sudah mengarah pada topik-topik yang dapat
memecah belah, menyerang karakter orang, dan lain sebagainya, dapat
menyebabkan pengguna tersebut dikenai sanksi tertentu.
9. Kecepatan
Karakteristik new media berikutnya adalah kecepatan. Kecepatan yang dimaksud di sini meliputi kecepatan akses dan kecepatan update berita yang dapat terjadi hampir setiap detik, sangat cepat apabila dibandingkan dengan media lama yang cenderung update paling cepat setiap satu hari.
10. Diversifikasi konten
Media baru juga menghadirkan sebuah
variasi konten yang sangat luas. Tidak hanya berita berupa teks, akan
tetapi berita berupa video reportase, gambar, infografis, live broadcast dan
lain sebagainya dapat diakses secara langsung tanpa perlu
berpindah-pindah dari satu situs, misalnya. Oleh karena itu setiap orang
dapat menggunakan media baru untuk melakukan banyak hal.
11. Akses luas
Media baru yang memiliki media akses
melalui internet, memungkinkan media ini untuk terhubung dan diakses
oleh semua orang dari semua wilayah, dan semua orang dari kelompok umur.
Oleh karena itu, penetrasi informasi media baru sangat luas. Walaupun
terkesan menguntungkan, akan tetapi hal ini juga perlu di waspadai
karena informasi tertentu bisa diakses oleh orang yang tidak pantas
mengakses informasi tersebut.
12. Gratis
Media baru pada umumnya tidak berbayar,
kecuali untuk berlangganan misalnya. Dengan media baru semua orang dapat
mendapatkan akses berita secara gratis, tidak perlu membayar untuk
mengakses berita-berita pada hari tertentu.
13. Multilingual
Media baru juga menawarkan fitur alih
bahasa yang sangat cepat berkat kemudahan dan kemajuan bahasa
pemrograman yang ada di teknologi web. Oleh karena itu, setiap media
baru yang sebenarnya berbahasa Inggris pun dapat dengan mudah
diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia selama fitur mereka di aktifkan.
No comments:
Post a Comment